5 mins read

Masakan Meksiko dan Minuman Tequila yang Terkenal

Masakan Meksiko dan Minuman Tequila yang Terkenal – Masakan orang-orang Meksiko tentunya memiliki ciri khas tersendiri dari bahan yang digunakan. Makanan meksiko ini menjadi salah satu hidangan tertua sejak 10.000 tahun yang lalu ketika jagung telah dibudidaya untuk menjadi basis makanan bagi masyarakat Mesoamerika.

Bagi kalangan masyarakat adat yang berada di wilayah tersebut mempunyai cabai, sayuran dan jagung yang dijadikan sebagai makanan utamanya. Meskipun begitu makanan tersebut bisa diikuti dengan beberapa makanan lain yang juga penting bagi masyarakat seperti labu kuning, tomat, kaktus, alpukat, vanili, dan coklat.

Dengan banyaknya perpaduan yang dimunculkan menjadi gastronomi paling kaya di dunia yang telah menyebar dan memberikan pengaruh terhadap dunia. Sehingga tidak heran jika banyak sekali para pelancong yang datang ke Meksiko untuk mencicipi hidangan khas dengan cita rasa yang berbeda.

Makanan Khas Meksiko

1. Tacos
Jenis makanan khas dari Meksiko ini merupakan hidangan yang paling representatif dari berbagai keahlian yang dimiliki di negara ini. Hal ini didasarkan dengan penggunaan tortilla dari bahan jagung yang diletakkan di bagian atas dan dituangkan bersama isian seperti saus, daging, dan lain sebagainya.

Semua hidangan tersebut biasanya akan disajikan dengan dilipat terlebih dahulu dan diletakkan di atas piring datar. Proses persiapan untuk menghidangkan makanan ini tentunya juga tergantung dari setiap wilayah di suatu negara.

2. Guacamole
Alpukat merupakan salah satu buah yang mempunyai nutrisi cukup tinggi di dalamnya. Buah ini memiliki kandungan asam oleic, karotenoid, folat, dan serat.

Bahan yang satu ini bisa digunakan untuk membuat masakan dengan berbagai pengolahan yang bisa diterapkan. Biasanya penggunaan bahan alpukat digunakan untuk pembuatan salad, jus ataupun isian sandwich.

Akan tetapi, biasanya masyarakat Meksiko lebih menggunakan bahan alpukat ini untuk dijadikan sebagai saus unik yang dikenal dengan nama guacamole. Guacamole ini merupakan saus khas dari negara Meksiko dengan menggunakan bahan utama berupa alpukat yang telah dihaluskan dan diberikan campuran air jeruk nipis ataupun air jeruk lemon.

Jika datang ke Meksiko dan memesan hidangan khas dari negara tersebut tentunya akan disandingkan bersama saus guacamole. Terdapat beberapa daerah yang juga memberikan tambahan berupa bawang merah, tomat, hingga daun ketumbar yang telah dicincang sampai halus.

Bagi masyarakat Meksiko umumnya menghidangkan makanan ini untuk dijadikan sebagai sajian pembuka yang sangat mewah. Keberadaan guacamole ini sudah ada sejak dulu di zaman suku Aztek abad ke-16.

Kuliner ini tidak hanya populer di negara Meksiko namun sudah terkenal hampir di seluruh dunia. Masyarakat di Meksiko cenderung menggunakan saus untuk dijadikan sebagai taman makan tacos dan nachos hingga beberapa hidangan lain yang dipanggang seperti daging, ikan, dan ayam.

Cita rasa yang dihasilkan oleh masakan Meksiko ini memang sangat unik karena diberikan sentuhan rasa gurih asam yang lezat dengan aroma khas dari dagingnya. Apabila menyukai cita rasa pedas tentunya bisa memberikan tambahan sedikit cabai jalapeno pada sajian saus tersebut.

Yucatan merupakan penghasil alpukat terbaik di negara Meksiko. Pada bahan makanan yang satu ini banyak tersedia di perkebunan yang telah dikelola dari masyarakat setempat.

Jika ingin menyaksikan adanya perkebunan alpukat dan menikmati saus guacamole bisa mengunjungi kawasan tersebut. Sehingga dapat menikmati sajian khas saus asli gua aja mulai dari Meksiko.

Minuman Khas Meksiko

1. Tequila
Jenis minuman yang satu ini memang sangat terkenal secara internasional di negara Meksiko. Kehadiran untuk minumannya sendiri merupakan salah satu duta besar budaya Meksiko yang sudah dikenal di kancah internasional.

Hal ini dimulai dari proses produksinya di pertengahan abad ke-17 dan untuk prosesnya sendiri tentunya membuat banyak orang penasaran karena menghasilkan cita rasa yang enak. Minuman khas Meksiko Tequila ini didapatkan dari proses fermentasi menggunakan bahan ragi serta distilasi jus agave biru dan setelah itu disimpan bersama tong kayu.

Sekarang ini sudah tersedia kisaran 160 merk serta 12 pertanian yang telah memproduksi minuman tequila ini. Hal ini tentunya mampu memberikan kehidupan terhadap salah satu produk unggulan dari Meksiko yang banyak diminati hingga pelancong dari luar negeri.

Tequila mampu memberikan label terhadap asal denominasi yang sangat bergengsi. Selain itu, untuk lanskap agave jalisco telah dinyatakan sebagai situs warisan dunia karena rute Tequila yang telah dipromosikan di berbagai tempat sebagai produksi utamanya.

Bahkan juga terdapat museum tentang sejarah dari minuman Tequila. Di dalam museum tersebut bisa memperlihatkan adanya evolusi serta produksi dalam pembuatan minuman ini.

2. Cocktail Margarita
Margarita menjadi salah satu minuman khas yang berasal dari negara Meksiko. Pada jenis minuman ini memiliki cita rasa asam dan segar dengan adanya aroma lemon yang cukup kuat.

Bahkan di beberapa daerah biasanya menyediakan cocktail margarita dengan warna biru karena mendapatkan campuran dari blue curacao. Apabila menginginkan untuk cita rasa yang lebih segar bisa tambahkan jus buah ataupun orange liqueur, tequila serta ditambahkan dengan es batu.

Kehadiran dari minuman yang satu ini telah ada sejak tahun 1941 dari seorang bartender ternama yaitu Don Carlos Orozco yang dulunya bekerja di hotel Rancho La Gloria lokasinya tepat di Rosarito Meksiko. Ia telah menemukan campuran yang sangat sempurna dari penggunaan Tequila serta jeruk nipis.

Sehingga bisa disajikan dengan menambahkan banyak es di bagian bingkai kelas yang telah ditambahkan garam untuk Margarita Henkel, Putri duta besar Jerman. Sejak itulah cocktail yang cukup terkenal ini diberikan nama yaitu Margarita.