Pilihan Masakan Khas Meksiko dan Minuman Tequila

Meksiko merupakan salah satu negara yang berada di benua Amerika dengan menawarkan berbagai pilihan masakan khas dengan cita rasa yang berbeda. Kehadiran dari makanan khas Meksiko tentunya juga didampingi dengan minuman khas yang tentunya memberikan daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang datang ke Meksiko.
Dengan adanya sajian yang bervariasi mulai dari makanan dan minuman khas Meksiko tentunya menjadikan wisata kuliner terasa lebih menyenangkan. Meksiko menjadi sebuah negara yang cukup terkenal dengan wisata kulinernya yang menyajikan berbagai variasi dan menawarkan cita rasa khas menggunakan bahan-bahan berbeda dibandingkan sajian makanan serta minuman dari negara lain.

Rekomendasi Makanan Khas Meksiko

1. Chilaquiles

Makanan yang cukup terkenal di Meksiko tidak hanya tacos dan nachos, namun juga tersedia pilihan variasi makanan berupa chilaquiles. Pada jenis makanan yang satu ini merupakan hidangan pedas yang menggunakan bahan utama dari keripik tortilla. Penyajian makanan ini akan dilapisi dengan menggunakan saus sambal serta diperpadukan dengan beberapa bahan lain. Beberapa bahan tersebut diantaranya chorizo, bawang merah, ayam dan keju. Pada makanan yang satu ini seringkali dijadikan sebagai sarapan untuk orang kebanyakan di Meksiko. Sehingga untuk menemukan hidangan yang satu ini tentunya tidak akan sulit karena banyak sekali masyarakat Meksiko yang menyantapnya untuk breakfast.

2. Pozole

Hidangan khas ini merupakan sajian sup yang menggunakan bahan utama dari biji jagung dan ditambahkan dengan ayam ataupun daging babi. Bahan yang digunakan untuk pembuatan pozole ini juga tergantung dari daerah setempat yang ada di Meksiko.
Akan tetapi, biasanya untuk masyarakat lokal membuat makanan ini dengan menggunakan bahan berupa oregano, selada, kubis, alpukat, bawang merah, cabai, dan keju. Kemudian untuk penyajian sup ini biasanya dihidangkan dengan menggunakan mangkuk.

3. Kue Tenggelam

Hidangan khas dari Jalisco yang telah dianggap sebagai tangan dari orang suci untuk menyembuhkan mabuk. Kue ini memiliki dasar tenggelam yang dikenal dengan sebutan birote atau kue kering, dipanggang ataupun kemasan yang telah diisikan bersama daging.
Penyajian untuk makanan ini akan dioleskan dengan menggunakan saus sambal yang cita rasanya sedikit pedas. Selain itu juga menggunakan bahan lain yang ditambahkan berupa bawang merah, bawang putih, saus tomat, jintan, dan cuka.

4. Chongo

Makanan khas dari Meksiko ini sebenarnya berasal dari biara viceroyalti yang ada di Zamora. Kehadiran dari sajian makanan yang satu ini biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup dengan tampilannya yang sederhana.
Meskipun begitu memiliki cita rasa yang sangat lezat dengan proses pembuatannya menggunakan beberapa bahan berupa susu kental, kayu manis, dan gula. Dengan cita rasa yang manis dari makanan ini tentunya sangat cocok untuk dijadikan sebagai hidangan penutup.

5. Joys

Meksiko menjadi salah satu negara yang cukup terkenal dengan sajian kulinernya yang sangat beragam dan banyak diminati oleh kalangan pelancong. Seperti halnya makanan penutup yang satu ini wajib untuk dicoba ketika datang ke Meksiko.
Dulunya dari makanan penutup khas Meksiko ini merupakan bagian yang berasal dari makanan penduduk asli. Dalam penyajiannya sendiri biasanya akan digunakan untuk makanan penutup pada ceremonial serta untuk barter.
Proses pembuatannya pun sangat mudah karena menggunakan beberapa bahan pilihan seperti kismis, biji bayam, dan madu. Dengan perpaduan bahan-bahan yang memiliki cita rasa manis tentunya sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu penutup.

6. Linggis Kacang

Linggis sekarang juga termasuk makanan khas dari negara Meksiko yang biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup. Jenis makanan yang satu ini menggunakan beberapa bahan diantaranya kacang cincang, gula, margarin, air, dan minyak sayur.

Klasifikasi Minuman Tequila

1. Anejo = Tua

Pada minuman Tequila untuk klasifikasi anejo ini memberikan tampilan warna sedikit kecoklatan dibandingkan dengan beberapa tipe lainnya. Hal ini dikarenakan telah terjadi proses penyimpanan dalam tong kayu yang bahkan membutuhkan waktu mulai dari satu hingga empat tahun.
Pada dasarnya kata dari anijo ini memiliki artian dari kata aged ataupun berumur. Sehingga tidak heran jika sajian minuman Tequila ini memiliki cita rasa yang berbeda karena telah melalui proses penyimpanan yang cukup panjang.

2. Reposado = Disimpan

Jenis minuman Tequila ini masuk pada kategori reposado yang telah melalui tahapan Ageng dalam waktu 2 bulan dan paling lama 1 tahun. Banyak yang mengatakan untuk minuman jenis reposado merupakan minuman Tequila yang telah ditambahkan dengan ekstrak karamel serta aging ketika masih berada di dalam tengkayu.

3. Blanco = Putih

Minuman Tequila Blanco adalah kategori yang lebih sering dikenal dengan sebutan plata atau perak. Pada sajian minuman yang satu ini tidak harus melalui proses aging dan bahkan juga tidak terdapat kandungan karamel di dalamnya sehingga untuk warnanya sendiri yang dimiliki oleh Tequila Blanco yaitu putih bening.

4. Oro = Emas

Tequila emas adalah salah satu jenis Tequila yang telah ditambahkan dengan sedikit karamel supaya tetap memberikan warna emas secara samar-samar untuk sajian minumannya. Perlu dipahami bahwasanya Oro bukanlah tingkatan tertinggi dari klasifikasi Tequila.

Melainkan untuk minuman ini justru paling inferior. Pada sajian minuman Tequila untuk jenis ini juga tidak harus melalui proses aging sehingga dari segi warna aslinya memang bening dan terdapat aroma woody yang sangat khas dimunculkan dari minumannya. Itulah beberapa pilihan makanan dan minuman khas dari negara Meksiko yang cukup terkenal. Dengan tersedianya makanan hingga minuman khas tentunya memberikan daya tarik tersendiri bagi kalangan wisatawan yang sedang datang ke Meksiko untuk mencicipinya. Tertarik untuk minuman khas meksiko ? Anda bisa membuka situs hokimenang.net yang memberikan informasi lengkap minuman ini.