Rekomendasi Makanan dan Tequila Dari Meksiko

Rekomendasi Makanan dan Tequila Dari Meksiko – Meksiko adalah satu dari 3 Negara terbesar yang berada di Amerika Latin. Terkenal dengan olahraga serta beberapa makanan khas mereka yang sering dibuat dari bahan cokelat dan jagung. Iklim tropis mesoamerika mendukung penanaman dua komoditas tersebut. Bahasa Spanyol paling banyak dipakai oleh Masyarakat Meksiko.

Negara Amerika Latin ini bisa menjadi tujuan liburan bila ingin pengalaman berbeda. Banyak kekayaan budaya dan kuliner Meksiko akan membuat liburan anda special. Wisata kuliner harus dicoba sebab terdapat berbagai makanan khas Meksiko lebih kaya cita rasa. Harganya masih ramah kantong tidak akan membuat budget liburan membengkak.

Tequila Minuman Khas Negara Meksiko

Ketika mengunjungi Mexico pasti akan menemukan penjual Tequila dari pedagang kaki lima sampai restoran mewah. Minuman tersebut bagian dari Sejarah dan tradisi Meksiko. Semua makanan dihidangkan dengan Tequila sejak ribuan tahun lalu. Hidangan khas Meksiko ditambah Tequila selalu disajikan saat acara besar sebagai lambang kebahagiaan.

Kemunculan pertama Tequila pada abad ke-16 sejak Spanyol datang. Spanyol mengenalkan Teknik penyulingan sebagai metode pembuatan minuman khas Meksiko. Tequila dibuat dari bahan Agave Biru yang difermentasi lalu disuling. Minuman Tequila dianggap simbol semangat orang Meksiko.

Tequila merupakan pasangan ideal makanan khas Meksiko yang kaya rasa dan kuat. Minuman tersebut sangat unik karena memiliki aroma tanah serta bunga. Dominan rasa asam dan manis Tequila sesuai dengan hidangan pedas. Sangat mudah mendapatkan minuman unik tersebut karena dijual dari kelas kaki lima, cafe hingga Restoran mewah. Tequila biasa dipakai sebagai bahan tambahan masakan, cocktail atau minuman beralkohol. Beberapa jenis minuman Tequila adalah:

1. Blanco atau Perak adalah salah satu minuman Tequila tidak disimpan karena langsung diminum setelah proses penyulingan. Mempunyai rasa bersih dan segar dengan warna jernih. Beraroma jeruk dan agave jadi cocok untuk melengkapi hidangan ringan seperti Seafood atau ceviche.

2. Reposado Tequila hanya bisa diminum setelah disimpan paling cepat 2 bulan serta terlama 12 bulan. Wajib menggunakan tong dari kayu ek sebagai tempat penyimpanan agar memberikan rasa caramel dan vanila. Rasanya halus dengan warna emas muda. Hidangan untuk minuman ini adalah daging panggang.

3. Anejo Tequila merupakan minuman yang sudah difermentasi selama 1 sampai tiga tahun menghasilkan rasa semakin kompleks dengan warna gelap. Punya aroma coklat dan rempah-rempah khas lebih cocok untuk menemani hidangan kaya rasa.

4. Tequila Extra Añejo dihasilkan melalui proses fermentasi selama lebih dari tiga tahun, memberikan warna kuning pekat yang khas. Rasa yang halus dan kompleks membuatnya menjadi minuman yang unik. Aroma khas coklat hitam, toffee, serta karamel sangat cocok untuk melengkapi hidangan pencuci mulut.

Tequila tidak selalu sesuai untuk setiap hidangan. Harus mempertimbangkan rasa dan aroma agar mendapatkan pengalaman menyantap hidangan lezat dengan Tequila yang harmonis. Tips memadukan Tequila untuk makanan khas Meksiko adalah:

1. Sesuai intensitas rasa makanan dan Tequila. Tequila yang bercita rasa segar cocok dengan hidangan ringan tidak terlalu banyak bumbu. Sedangkan Anejo Tequila sesuai makanan kaya rasa dan rempah.

2. Pertimbangkan tingkat kepedasan hidangan. Makanan pedas harus dilengkapi Tequila yang asam dan manis untuk meredam panas setelah memakan hidangan tersebut. Jika memilih Tequila panas akan berdampak pada metabolisme.

3. Jangan ragu mencoba berbagai Tequila untuk dipadukan dengan banyak hidangan sampai menemukan kombinasi sempurna.

Beberapa Makanan Khas Dari Mexico

Negara bagian yang terletak di Amerika Latin ini tidak hanya mempunyai Tequila sebagai minuman khasnya tapi terdapat banyak makanan asli Negara ini yang cocok disajikan dengan berbagai tipe cocktail seperti Tequila klasik, Paloma, Michelada dan Tequila Sunrise yang memiliki rasa berbeda-beda. Berikut adalah rekomendasi hidangan asli bisa dikombinasikan untuk Tequila:

1. Burrito adalah makanan populer dan favorit bagi wisatawan serta warna lokal. Dibuat dari banyak daging ditambah saos kacang khas lalu digulung pakai tortilla. Biasanya disajikan saat makan siang karena memiliki kandungan gizi lengkap melalui isian daging, sayuran hingga saos kacang.

2. Nachos merupakan camilan wajib dicoba sebab rasa otentiknya hanya bisa diperoleh selama di Meksiko saja. Makanan berupa kripik dilengkapi saos keju. Beberapa restoran menghidangkannya dengan jalapeno, daging, irisan buah zaitun atau bahan lainnya.

3. Pozale yaitu sup khas Meksiko memiliki tekstur bubur jagung ditambah daging. Dilengkapi irisan selada, cabai, bawang putih, lobak dan bawang merah.

4. Fajita merupakan masakan yang dibuat dari marinasi daging sapi atau ayam yang dipanggang. Pelengkapnya saos salsa, irian tomat dan selada dibungkus roti tortilla.

5. Elote ialah jajanan dengan rasa pedas cocok dengan Tequila yang asam dan segar. Elote berbahan dasar tortilla, jagung dan bubuk cabai. Tidak banyak bahan atau rempah dipakai membuatnya punya rasa ringan cenderung cocok untuk lidah orang luar Meksiko.

6. Tostadas bisa dibilang pizza khas Meksiko karena cara membuatnya dengan tortilla ditambah saos dan berbagai toping bisa daging, ikan dan taburan keju.

7. Enchilada adalah makanan dari gulungan tortilla denga isi daging serta sayur yang disiram saos cabai.

Meksiko mempunyai banyak makanan khas dan Tequila yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Negara yang berada di Amerika Latin. Rekomendasi makanan di atas cocok dinikmati bersama Tequila hanya perlu menemukan jenis Tequila sesuai intensitas rasa hidangan tersebut. Meksiko selalu menggunakan tortilla sebagai bahan dasar banyak masakan khas mereka.